DRIFT... DRIFT... AND DRIFT

Drift... adalah salah satu teknik dimana mobil terposisi seperti terseret di dalam track... ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam drift, berikut kajiannya :


1.Race Drift
teknik ini digunakan saat memasuki belokan berkecepatan tinggi, pengemudi melepas gas, kemudian menghasilkan drift halus dan dikontrol hanya dengan setiran serta permainan gas...


2. Braking Drift
teknik ini dihasilkan dengan mengerem dengan agak keras saat memasuki belokan (medium dan low speed corner), sehingga berat mobil berpindah ke depan dan roda belakang agak sedikit mengangkat (tapi tidak lepas dari jalan) sehingga kehilangan traksi dengan jalan dan menghasilkan oversteer saat membelok.



3. Feint Drift
teknik ini dihasilkan dengan cara mengayunkan bagian belakang mobil sesaat sebelum memasuki belokan, jadi jika belokannya ke kanan, pertama mobilnya dipepetin ke lajur kanan, trus sebelum memasuki belokan, mobil dipindah ke lajur kiri dengan cepat dan langsung dibanting kanan, jadi prinsipnya adalah memindahkan berat mobil dari kanan ke kiri, atau sebaliknya, sehingga menghasilkan oversteer yang cukup parah (teknik ini cukup berat, karena ini teknik yang sering digunain sama rally racers)


4. Clutch Kick
teknik ini dihasilkan dengan menginjak kopling dan melepaskannya dengan cepat saat memasuki tikungan. tujuannya adalah untuk menghasilkan hentakan pada driveltrain dan mengurangi traksi roda belakang.


5. Shift Lock
teknik ini dihasilkan dengan cara menginjak kopling dan membiarkan rpm turun sampai rendah dan kopling dilepas lagi saat memasuki tikungan sehingga menghasilkan engine brake pada roda belakang dan membuat oversteer. (teknik ini sama halnya seperti menarik handbrake, patut diperhatikan bahwa lebih baik menggunakan teknik ini pada medan yang basah untuk menghindari damage yang berlebihan pada drivetrain)


6. Emergency Brake Drift
teknik ini adalah teknik yang paling dasar, tarik handbrake untuk menghilangkan traksi roda belakang dan kontrol drift dengan setiran dan permainan gas. teknik ini juga sewaktu-waktu dapat digunakan untuk membenarkan angle mobil saat melakukan drift, jadi posisi mobil bisa pas ketika keluar tikungan.


7. Long Slide Drift
teknik ini dilakukan dengan menarik handbrake saat masih di jalan lurus sebelum tikungan, sehingga mengawali drift dengan angle yang besar dan menyiapkan posisi mobil untuk memasuki tikungan didepan. (patut diperhatikan, teknik ini hanya dapat dilakukan pada kecepatan tinggi)


8. Power Over
teknik ini saat memasuki tikungan, gas tidak dilepas melainkan ditekan lebih dalam sehingga menghasilkan oversteer yang parah pada mobil sepanjang tikungan. teknik ini hanya dapat dilakukan dengan mobil yang memiliki horsepower besar... 







TERIMA KASIH TELAH MEMBACA,,, SEMOGA BERMANFAAT
FOLLOW @iwanphenom





This blog is powered by :










1 komentar: